Menu



http://jejakjco.blogspot.com/p/blog-page.htmlhttp://jejakjco.blogspot.com/


Tuesday, May 10, 2016

Kunjungan ke Pabrik Calpico

Jco bersama teman teman Kerlap mengunjungi Pabrik Calpico (PT. Calpis Indonesia) di daerah Kerawang Bekasi, Selasa 10 Mei 2016. Perjalanan ini diatur oleh Bunda Atha-Rose atau mbak Noy Husain.
Kami dari Depok menggunakan bus dan beberapa teman mengikuti dengan mobil, beramgkat pukul 09.15, bila perjalanan lancar maka diperkirakan sampai di Pabrik pukul 11.00, namun karena di tol pantura ada kecelakaan kami baru sampai di pabrik pukul 13.15.
Perjalanan kurang lebih 4 jam dalam suasana macet, hiruk pikuk bagai perang bintang itu ternyata tidak membuat anak anak putus asa. Jco saya minta untuk tetap duduk di tempat duduknya agar tidak mengganggu supir dan aman. Jco patuh.
Ketika sampai di pabrik, anak anak langsung mengikuti instruksi kakak pemandu, yaitu berbaris dan mengganti sepatu/sandal pribadi dengan sandal yang sudah disiapkan oleh perusahaan.
Tur pun dimulai. Anak anak diminta ke ruang atas dan duduk rapi, mereka disuguhi tontonan tentang sejarah Calpis dan informasi tentang makanan bersih, halal dan sehat. Setelah itu ada tanya jawab interaktif, selain kakak pemandu bertanya dan anak anak menjawab, anak anak juga diperkenankan bertanya dan kakak pemandu yang menjawab. Setelah sesi ini anak anak dan orangtua pendamping dibagikan minuman calpico. Anak anak mendapat calpico mini, dan orang tua mendapat calpoco Frezz. Saat mendapat minuman ini anak anak diajari cara melihat tanggal kadaluarsa dan logika penggunaannya. Misalkan tanggal kadaluarsa 10 januari 2017, berarti bila sekarang tanggal 10 Mei 2016 Calpico tersebut masih layak minum.
Sesi selanjutnya anak-anak diajak ke tempat produksi Calpico, anak anak dapat melihat dari balil laca bagaimana mesin berjalan dan barisan botol Calpico di atasnya. Ruangan untuk mengamati ini agak panas, sehingga anak anak kurang nyaman. Selain itu saat di ruangan ini informasi dari kakak pemandu kurang tersampaikan dengan jelas pada anak anak karena posisi anak-anak agak menyebar sepanjang dinding. Mungkin kakak pemandu perlu bawa toa unthk di ruangan ini. Dan AC nya dibesarin PK nya ;)
Setelah tur kedua, anak anak menujur ruang tur ketiga yaitu melihat miniatur pabrik. Mulai dari pencampuran bubuk, pencucian botol, memasak cairan calpis, pengemasan dan memasukkan calpico ke dalam kardus. Setelah sesi ini anak anak diberi roti sari roti dan sebungkus calpico.
Kunjungan selesai pada pukul 15.00, setiap anak mendapat goody bag berisi Calpico banyak sekali kurang lebih isi 6-8 Calpico.
Menjelang pulang, di bis, saat Jco minum Calpico mini botol ke-4, tiba tiba calpico tersembur dari mulut Jco (mungkin karena mual terlalu banyak minum Calpico), ia berkomentar "Calpico kan manis banyak gulanya, ngga sehat, kenapa omnya bilang sehat?" Lalu saya jawab "ya minumnya secukupnya tidak perlu banyak banyak".
Kami meninggalkan pabrik pukul 15.30 dan sampai di Depok pukul 17.30. Pengalaman yang menyenangkan bersama teman teman Kerlap 30 anak anak dan 17 orang tua hebat.
Apakah kami ingin mempromosikan branding pada anak anak? Bukan. Tetapi kami ingin anak anak mengetahui apa itu pabrik, bagaimana kerja di pabrik/apa yang dilakukan untuk memproduksi suatu barang, bagaimana bersikap saat berkunjung ke suatu tempat dan bagaimana menjadi penumpang yang baik di dalam bus.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...