Menu



http://jejakjco.blogspot.com/p/blog-page.htmlhttp://jejakjco.blogspot.com/


Thursday, November 12, 2015

Baca Lagi Bu!

Hari ini, saya membaca newsletter dari www.babycenter.com judulnya "Read it again!" Demikian isinya!

Your 3-year-old now

If you read that book about a family of dinosaurs one more time your head will explode. What can your preschooler possibly see in it? As exasperating as the repetition is for you, it's exactly what your child needs. That's how he learns.
Once he's learned a story, he can anticipate what comes next. He feels triumphant about "knowing." It's the same reason he repeats other tasks over and over — putting together puzzles, singing a favorite song. The joy is in the mastering.
To make reading that tiresome book more exciting, have him guess what comes next or change the words around. He'll feel proud that he "caught" your mistake.

sumber: http://www.babycenter.com

Ini benar benar terjadi pada Jco sekitar beberapa minggu terakhir. Terutama pada cerita-cerita bergambar di koran Kompas, Jakarta Post dan majalah anak-anak (milik saya jaman dulu). Contohnya cerita bergambar di Kompas hari Minggu, setiap kali saya selesai membacakan isi ceritanya dia akan bilang "Baca lagi Bu!" berulang-ulang. Meski hanya terdapat beberapa patah kata dan beberapa adegan gambar, tapi bila harus mengulang membacakan cerita tersebut sebanyak lebih dari dua puluh kali sehari, saya minta diskon "Nak besok lagi ya diulangnya" hehehe

Ternyata setelah baca tulisan dari "babycenter" itu saya mendapat kesimpulan, pengulangan dari sesuatu yang menarik menurut anak merupakan bagian dari proses belajar anak yang efektif. Jadi alangkah baiknya bila saya semakin selektif dalam memilih bacaan, setidaknya akan lebih baik bila sebelum membacakan secara lisan pada anak, saya baca dulu isi bacaannya. Karena kadang bacaan yang kita kira diperuntukkan untuk anak, belum tentu kata-kata atau nilai yang terkandung di dalamnya cocok dengan pola pendidikan kita terhadap anak.

Bagi saya, bacaan living book dari komunitas Charlotte Mason sudah pasti menjadi pilihan utama atau bisa juga lihat list dari Wordsworth children's classics. Bila kita memilihkan buku-buku dan cerita-cerita yang kita yakin isinya dapat menjadi bagian penting dari pembentukan karakter anak maka saya rasa tak akan ada beban bagi kita untuk terus mengulanginya sebanyak apa pun yang mereka butuhkan.

"Baca lagi Bu!" 
"Yuk!"


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...